photo Header-Banner_zpsbb95c78e.gif

Cara Membuat Drop Down Menu

Sobat sekalian udah tahu dong yang namanya Drop Down Menu? Nah, bagi yang belum tahu, drop down menu itu bentuknya seperti ini nih :


Menu drop down ini sangat bermanfaat di terapkan di dalam web site atau blog sobat, kenapa? karena
tampilannya yang ringkas, dapat menghemat ruang di blog sobat. Menu drop down ini dapat sobat pergunakan sebagai peringkas tampilan Arsip Blog misalnya, biasanya, Arsip Blog akan memakan ruang sisi blog yang panjang kebawah, sehingga widget-eidget dibawahnya akan turun terlalu jauh, apalagi postingan sobat udah banyak dan usia blog sobat udah lama. Yah...kira-kira cukup begitu saja penjelasan singkat tentang fungsi menu drop down ini. Bagaimana? apakah sobat tertarik mencobanya? baiklah, jika sobat tertarik berikut cara membuatnya :

1. Masuk ke blog sobat
2. Klik Tata Letak / Page Layout >> Add Widget dan pilih CSS / HTML
3. Copy dan Pastekan kode dibawah ini :

<select onChange="document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;">
<option value="0" selected>Arsip Blog</option>
<option value="Links 1">Text 1</option>
<option value="Links 2">Text 2</option>
</select>

Untuk tulisan berwarna merah sobat ganti dengan kata apa saja, tergantung fungsi menu drop down yang akan sobat buat, misal "Arsip Blog"
Untuk tulisan berwarna hijau, sobat ganti dengan link postingan sobat, misal untuk Links 1 saya ganti menjadi: http://comforbeg.blogspot.com/2013/12/percepat-kinerja-windows-7.html
Untuk tulisan berwarna kuning, sobat ganti juga dengan kata yang sesuai untuk mewakili link yang di tujunya, misal untuk Text 1 saya ganti menjadi "Cara Mempercepat Kinerja Win7". Maka kodenya akan menjadi seperti ini :

<select onChange="document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;">
<option value="0" selected>Arsip Blog</option>
<option value="http://comforbeg.blogspot.com/2013/12/percepat-kinerja-windows-7.html">Cara Mempercepat Kinerja Win7</option>
<option value="Links 2">Text 2</option>
</select>

Maka  tampilannya di blog akan menjadi seperti ini :




Untuk menambah menu lagi, sobat tinggal ketik "<option value="Link Postingan">Teks Anda</option> dan letakan sebelum teks </select>. Selamat mencoba.

No comments :

Post a Comment